Senin, 18 Maret 2013

Tulisan #7

Wisata Dieng


Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.
Beberapa peninggalan budaya dan alam telah dijadikan sebagai obyek wisata dan dikelola bersama oleh dua kabupaten, yaitu Banjarnegara dan Wonosobo. Berikut beberapa obyek wisata di Dieng.

1. Telaga: Telaga Warna


2. Kawah: Sikidang, Sileri, Sinila (meletus dan mengeluarkan gas beracun pada tahun 1979 dengan korban 149 jiwa), Kawah Candradimuka.

3. Kompleks candi-candi Hindu yang dibangun pada abad ke-7, antara lain: Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Gangsiran Aswatama, dan Candi Dwarawati.

4.Gua: Gua Semar, Gua Jaran, Gua Sumur. Terletak di antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon, sering digunakan sebagai tempat olah spiritual.
Sumur Jalatunda.

5. Dieng Volcanic Theater, teater untuk melihat film tentang kegunungapian di Dieng.

6. Museum Dieng Kailasa, menyimpan artefak dan memberikan informasi tentang alam (geologi, flora-fauna), masyarakat Dieng (keseharian, pertanian, kepercayaan, kesenian) serta warisan arkeologi dari Dieng. Memiliki teater untuk melihat film (saat ini tentang arkeologi Dieng), panggung terbuka di atas atap museum, serta restoran.

7. Mata air Sungai Serayu, sering disebut dengan Tuk Bima Lukar (Tuk = mata air).

8. Sunrise Sikunir.

Diantara obyek wisata, ada tiga obyek yang paling terkenal di kalangan wisatawan yaitu Telaga Warna, Golden Sunrise Sikunir, dan Candi Dieng. Telaga Warna itu sendiri sangat indah. Sering memunculkan nuansa warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Warna-warni air telaga karena pantulan sinar matahari mampu membuat decak kagum pengunjungnya. Sunrise Sikunir, tempat yang paling diburu oleh para wisatawan. Selain pemandanganya mengagumkan, dipuncak ini wisatawan dapat menyaksikan yang namanya Golden Sunrise Sikunir (Terbitnya matahari dengan sinar emasnya). Selanjutnya ada Candi Dieng ysng masih menjadi andalan. Suasana asri yang penuh dengan sejarah menjadi tempat yang tidak boleh dilewatkan jikalau kita berwisata ke Dataran Tinggi Dieng. Indonesia  harusnya berbangga dengan Dieng, keunikan dan kekayaan alam menjadi pusat perhatian Dunia.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Dieng
http://forum.kompas.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar