Sabtu, 23 Maret 2013

Tulisan #11

Pulau Paskah, Chili


Pulau Paskah adalah sebuah pulau milik Chili yang terletak di selatan Samudra Pasifik. Pulau Paskah adalah tujuan yang menarik dan menakjubkan di tengah-tengah Samudera Pasifik. Pulau ini berada di antara Tahiti dan Chili, dan meraih popularitas internasional karena patung-patung besar dan kokoh yang luar biasa yang berbentuk wajah manusia. Tiap patung tingginya sekitar 4 meter, berat sekitar 14 dan terbuat dari batu vulkanis, dan merupakan hasil karya dari masyarakat Rapa Nui. 

Bila wisatawan ingin mengunjungi Pulau Paskah ini , wisatawan bisa melihat Ahu Tahai. Ahu (mimbar upacara) di Tahai berada di dekat sebuah lereng perahu yang terbuat dari batu pantai berbentuk bulat dan diduga menjadi salah satu struktur Ahu paling awal di pulau ini, yang berasal dari 690 Masehi.

Ada juga Rano Kau. Bila mendaki ke puncak gunung setinggi 400 meter ini, panorama kesunyian pulau di Pasifik Selatan akan bisa dinikmati oleh para wisatawan.

Tempat lainnya yang juga harus dikunjungi adalah Orongo. Orongo adalah sebuah desa batu dan pusat upacara di ujung barat daya Pulau Paskah. Lokasinya berada di bibir kawah Rano Kau, dimana sebuah jurang sedalam 250 meter menyatu dengan dinding bagian dalam kawah Rano Kau. Kawah ini penuh dengan sisa-sisa sekte Birdman yang dipraktekkan sampai 1867.

Pulau Paskah merupakan objek wisata yang menarik kerana pulau ini memiliki unsur kemisteriusan dan penuh akan sejarah. Jika wisatawan datang ke Pulau Paskah ini, pasti para wisatawan akan bertanya-tanya darimana patung patung besar ini berasal, karena sampai sekarang belum diketahui bagaimana cara membuat patung patung besar itu dengan teknologi primitif pada jaman tersebut.

Referensi: http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar