Jumat, 24 April 2015

PROPOSAL BISNIS "GO ALTERNATIVE"

1. LATAR BELAKANG

Sekarang ini. masyarakat perkotaan selalu dihadapkan dengan kehidupan yang rentan akan kesehatan. Udara yang berpolusi, pola kerja yang tidak teratur, cuaca yang tidak bisa ditebak merupakan salah satu faktor utama penyebab menurunya kesehatan. Serangan-serangan dari luar itulah yang menyebabkan kita harus bisa berperilaku sehat. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan kita.

Berbagai macam tipe diet disuguhkan unutk menarik minat masyarakat untuk lebih peka terhadap makanan yang dipilihnya, Kebanyakan dari diet-diet tersebut mnegutamakan sayuran pada menu mereka. Seperti yang kita ketahui, sayuran dan bauah-buahan mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh yang ditidak bisa dipenuhi seluruhnya oleh daging-dagingan. Menyadari keunggulan sayur dan buah-buahan tersebut, sebagian masyarakat beralih pola hidup menjadi Vegetarian dan Vegan.

Vegetarian dan Vegan kini tampaknya menjadi kata yang semakin populer di dunia termasuk di Indonesia. Di kota-kota besar dunia, restoran vegetarian atau vegan sudah menjadi pilihan yang cukup mudah dicari. Di Indonesia pun restoran-restoran vegetarian meski belum banyak, mulai bermunculan di kota-kota besar.  

Vegetarian dan vegan merupakan suatu aliran dimana penganutnya tidak mengkonsumsi produk-produk hewani dan turunannya, hanya membatasi diri pada produk-produk nabati. Sebagian orang beralih ke vegetarian karena alasan kesehatan, gaya hidup, tetapi tdak sedikit juga dai mereka yang memang tak biasa makan daging, atau bahkan mual dengan hanya meilihat daging. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang vegetarian ataupun vegan, diantaranya tubuh terasa lebih sehat. tidak mudah capek, dan tidak mudah sakit. Karena alasan itulah kami ingin mendirikan suatu restoran yang menyajikan menu khusus vegetarian dan vegan. 

Banyak yang tidak tahu kalau makanan yang berbasis tumbuh-tumbuhan itu bisa dimasak sedemikian rupa sehingga menyerupai masakan yang menggunakan daging sehingga para pemula tidak segan-segan untuk mencobanya. Dengan konsep itu kami ingin mendirikan suatu restoran yang bukan hanya menyajikan makanan sehat a la vegetarian dan vegan tetapi juga enak. Kami sepakat menamai usaha kami dengan "GO ALTERNATIVE". GO ALTERNATIVE merupakan suatu nama yang berarti masyarakat bisa mengalternatifkan daging dengan sayur dan buah - buahan dalam diet mereka. Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli segala produk yang kami tawarkan dengan pelayanan yang ramah dan bersahabat.

2. MANFAAT USAHA

Bisnis usaha dibidang kuliner menawarkan berbagai keuntungan besar bagi pemilik sekaligus bagi masyarakat dan lingkungan sekitar yang membantu. Pemilik usaha dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka anak-anak muda yang pengangguran. Terutama anak-anak muda yang terobsesi pada  kuliner. Manfaat di sini terbagi dua yaitu manfaat ekonomis dan manfaat sosial.

2.1 Manfaat Ekonomis

  • Meraup keuntungan yang besar.
  • Menawarkan produk yang berkualitas dengan harga yang sepadan
  • Memberikan pendapatan yang layak untuk seluruh karyawan


2.2 Manfaat Sosial
  • Menciptakan lapangan pekerjaan.
  • Memudahkan masyarakat dalam mencari makanan yang enak dan sehat.
  • Memudahkan para vegetarian dan para veganisme dalam mencari makanan-makanan yang sesuai dengan selera mereka.
  • Menyediakan alternatif bagi para pemula diet vegetarian dan masyarakat umum yang ingin mencoba makanan beraliran vegetarian dan vegan.
3. RUMUSAN MASALAH 
  1. Bagaimana cara mendapatkan lahan yang strategis?
  2. Bagaimana cara megantisipisi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini?
  3. Apa yang menjadi keunggulan GO ALTERNATIVE dengan restoran-restoran lain?
4. PRODUK

Produk yang kami tawarkan adalah berbagai jenis makanan yang menjadii incaran para vegetarian, vegan, dan mereka yang ingin mencoba sesuatu yang baru. Restoran kami menyajkan makanan dan minuman yang sudah tidak asing lagi tetapi menjadi sesuatu yang baru dikarenakan tidak adanya daging pada makanan yang seharusnya mengandung daging.

Makanan yang kami tawarkan yaitu:

Side dishes and snacks:
  1. Vegan cupcakes
  2. Not chicken nuggets
  3. Tempe veggie satay
  4. Vegan Sausage rolls
  5. Potato croquettes
Main dishes:
  1. Vegan quiche with spinach and tempe "bacon"
  2. Vegan Fettucine alfredo
  3. Potato shiitake soup
  4. Vegan Fried "Chicken" + Rice
  5. Stir-Fried vegetable spaghetti
  6. Curry fried rice
  7. Vegan lasagna
  8. Tofu scramble + Rice
  9. Cauliflower pizza
  10. Vegan sweet potato burger
  11. Mushroom veggie burger
  12. Tempe Burger
  13. Falafel slider
  14. Pasta with wild mushroom sauce
  15. Vegan Tacos
  16. Gnocchi with tomato sauce 
  17. Carrot Grattin
Drinks:

  1. Strawberry Banana Smoothie
  2. Date and Banana Smoothie
  3. Glowing Green Smoothie
  4. Mango and Coconut Smoothie
  5. Tropical Smoothie
  6. Lemony Summer
  7. Strawberry Soda Juice
  8. Dragon Fruit Soda
  9. Iced/Hot Soy Milk
  10. Green Cucumber and Pear Juice
  11. Lemon-Cucumber Juice
  12. Frozen Soy Yoghurt
  13. Mineral Water

5 ANALISIS SWOT

5.1 Faktor Internal (Kekuatan dan Kelemahan)

Kekuatan

  1. Penyajian yang mengambil titik kelas menengah hingga atas dengan harga terjangkau serta kualitas produk yang berkualitas dan rasa makanan yang enak merupakan salah satu kekuatan dari usaha ini.
  2. Kelengkapan menu-menu merupakan hal yang sangat kami utamakan.
  3. Harga yang  terjangkau  sehingga dapat dinikmati oleh  kalangan masyarakat.
  4. Sensasi tema dari restoran yang nyaman, dimana restoran bernuansa modern klasik dengan pencahayaan yang maksimal dan asen kayu di sekelilingnya.
  5. Banyaknya menu makanan dan minuman yang tersedia membuat konsumen bebas memilih.

Kelemahan
  1. Faktor lokasi sangat mempengaruhi kelancaran suatu bisnis. Apabila lokasi tidak terletak di posisi yang strategis maka ada kemungkinan pengunjung akan tiba menemukan restorannya.
  2. Permintaan konsumen akan menurun jika tidak ada kreasi tambahan bersamaan dengan berjalannya waktu.
5.2 Faktor Eksternal (Kekuatan dan Kelemahan)

Kekuatan
Melihat semakin maraknya para pecinta makanan berbasis tumbuhan menjadikan permintaan akan makanan vegetarian meningkat.  Peluang usaha restoran vegetarian dan vegan ini menjadi sangat besar. Karena kebutuhan mereka akan makanan yang enak, lezat dan sehat akan semakin bertambah tdan permintaan pasar pun akan terus meningkat.

Kelemahan
Menurunnya pendapatan masyarakat akan mempengaruhi usaha ini. Masyarakat menjadi lebih hemat dalam mengeluarkan uang. Di situlah naik turun dari bisnis ini.

6. PERENCANAAN USAHA

6.1 Dalam Jangka Pendek

Dalam jangka pendek rencana kami akan memberikan sample-sample makanan yang kami sediakan sesuai dengan menu yang sudah terrancang. Mempromosikan makanan-makanan ini kepada teman teman dan kerabat terdekat. 

6.2 Dalam Jangka Mengengah

Usaha yang kami rintis ini pastinya akan  kami kembangkan demi mewujudkan impian dan cita-cita saya, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha saya kedepannya. kami akan terus menekuni bidang ini. kami akan membuatnya semakin berkembang dan maju. kami akan terus mempromosikan  usaha saya, baik dari mulut ke mulut, media online, dan media yang lainnya.

6.3 Dalam Jangka Panjang

Dalam jangka panjang kami akan menabung dan meminjam uang ke Bank untuk menjadi modal utama dan mencari lahan. kami akan membuka sebuah restoran yang besar bernuansa klasik modern dimana para pelanggan dapat berkumpul dengan nyaman bersama dengan orang-orang tercintanya sambil menikmati makanan dan minuman yang lezat dan sehat. 

7 ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

7.1 Target Pasar

Segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan dipikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan dari pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan dapat mengurangi penghasilan perusahaan, dan mengakibatkan banyak dampak negatif bagi perkembangan perusahaan tersebut.

Maka dari itu kami memilih lokasi yang kami gunakan untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari Kota Jakarta. Mengapa Jakarta? Karena kami melihat potensi ekonomi yang dimiliki kota Jakrta sangatlah besar dan akan membuahkan hasil yang cukup besar juga. Jakarta merupakan kota yang sangat terkenal dengan kuliner uniknya. 

Hal utama yang kami perhatikan dan lebih kami utamakan yaitu  pelayanan, kelengkapan produk dan kebersihan serta kenyamanan restoran yang lebih kami utamakan dari kondisi persaingan dalam pemasaran, serta reaksi para pesaing. Selain hal tersebut di atas, dalam menentukan biaya dan laba yang diharapkan, GO ALTERNATIVE mengutamakan kondisi dan orientasi pasar yang setiap waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan.  Selain itu, yang menjadi target pasar kami yaitu para penganut diet vegetarian dan vegan, para pemula dari diet tersebut dan mereka yang memilliki ketertarikan dengan makanan berbasis tumbuhan.

7.2 Pesaing

Pesaing kami adalah restoran-restoran unik  lainnya. Jadi kami harus menyuguhkan suasana di resto benar-benar terasa perbedaannya. Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi disinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kami tanpa membuat pesaing kami merasa tidak senang dengan tindakan kami. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.

7.3 Sasaran Pembeli

Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup kalangan masyarakat, baik kalangan menengah dan kalangan atas. Dari kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karena harga yang kami berikan pun cukup terjangkau untuk kalangan kalangan tersebut. Harga yang kami tawarkan untuk makanan-makanan yaitu mulai dari Rp. Rp 12.000,00- sampai dengan Rp 50.000,00-. Sedangkan untuk harga  minuman yaitu mulai dari Rp 5.000,00- sampai dengan Rp 25.000,00-.

8. STRATEGI PEMASARAN

8.1  Dengan media Internet

Strategi pemasaran kami adalah menggunakan media online. Seperti menggunakan Facebook, Line, whatsApp, Path, BBM, dan Instagrarm. Karena masyarakat zaman sekarang sudah banyak yang mengenal internet sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita. Jangkauan iklan pun menjadi lebih luas dan lebih banyak pengunjung. Kelak juga akan membuat blog GO ALTERNATIVE untuk memajukan usaha kami.

8.2 Dari mulut ke mulut

Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kampus kita atau keluarga dan saudara untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita.

9. STRATEGI PROMOSI

Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk sekaligus menu kafe  yang ditawarkan, kami mempunyai cara-cara tertentu, yaitu kami akan menawarkan sebuah Paket hemat yang berbeda selama weekdays.

1. Senin  : Vegan Fettucine alfredo + Lemony Summer = Rp 38.000,00-
2. Selasa : Mushroom veggie burger + Dragon Fruit Soda = Rp 38.000,00-
3. Rabu   : Vegan quiche with spinach and tempe "bacon" + Lemon-Cucumber Juice = Rp 30.000,00-
4. Kamis : Curry fried rice + Lemony Summer = Rp 34.500,00-
5. Jumat :  Vegan lasagna + Tropical Smoothie = Rp. 40.500,00-

10 ANALISA OPERASIONAL

10.1 Modal

Sumber modal

Modal sendiri : Rp 350.000.000
Modal dari investor : Rp 50.000.000

Lapak

Ruko : Rp 300.000.000
Peralatan dapur : Rp 30.000.000
Meja + kursi 20 buah : Rp 15.000.000
Alat WIFI 2 buah : Rp 1.500.000
AC 7 buah : Rp 20.000.000

10.2 Harga Produk

Side dishes and snacks:
  1. Vegan cupcakes Rp 15.000,00- /pcs
  2. Not chicken nuggets Rp 18.000,00 /prs
  3. Tempe veggie satay Rp 20.000,- /prs
  4. Vegan Sausage rolls Rp 15.000,00- /pcs
  5. Potato croquettes Rp 22.000,00 /prs
Main dishes:
  1. Vegan quiche with spinach and tempe "bacon" Rp 22.000,00-
  2. Vegan Fettucine alfredo Rp 32.000,00-
  3. Potato shiitake soup Rp. 28.000,00-
  4. Vegan Fried "Chicken" + Rice Rp 30.000,00-
  5. Stir-Fried vegetable spaghetti Rp. 27.000,00-
  6. Curry fried rice Rp 28.500,00-
  7. Vegan lasagna Rp 35.000,00-
  8. Tofu scramble + Rice Rp 25.000,00-
  9. Cauliflower crusted pizza Rp 45.000,00-
  10. Potato crusted pizza Rp 48.000,00-
  11. Black bean crusted pizza Rp. 45.000,00-
  12. Vegan sweet potato burger Rp 34.000,00
  13. Mushroom veggie burger Rp 35.000,00-
  14. Tempe Burger Rp 25.000,00-
  15. Falafel slider Rp 25.000,00-
  16. Pasta with wild mushroom sauce Rp 32.500,00-
  17. Vegan Tacos Rp 28.000,00-
  18. Gnocchi with tomato sauce Rp. 35.000,00-
  19. Carrot Grattin Rp 35.000,00-
Drinks:

  1. Strawberry Banana Smoothie Rp 20.000,00-
  2. Date and Banana Smoothie Rp 25.000,00-
  3. Glowing Green Smoothie Rp 22.500,00-
  4. Mango and Coconut Smoothie Rp 25.000,00-
  5. Tropical Smoothie Rp. 17.000,00-
  6. Lemony Summer Rp. 12.000,00-
  7. Strawberry Soda Juice Rp. 20.000,00-
  8. Dragon Fruit Soda Rp 22.500,00-
  9. Iced/Hot Soy Milk Rp 17.000,00-
  10. Green Cucumber and Pear Juice Rp 17.500,00-
  11. Lemon-Cucumber Juice Rp 15.000,00-
  12. Frozen Soy Yoghurt Rp 25.000,00-
  13. Mineral Water Rp 5.000,00-
10.3 Analisis Marketing

Penjualan

Penjualan dilakukan setiap hari dilakukan dari pagi pukul 10.00 hingga malam hari pukul 11.00. 

Pembagian hasil kerja

Usaha restoran GO ALTERNATIVE ini merupakan usaha yang dirintis oleh saya dan teman saya kemudian berencana mengembangkannya dengan mencari investor menggunakan modal awal yang tersedia maka dari itu keuntungan juga kami bagi rata dengan para investor dan para karyawan yang berpartisipasi dalam membantu usaha ini.


*mohon maaf jika ada kesalahan data atau ada data yang ngawur 

4 komentar:

  1. pembahasannya sangat lengkap, terimakasih atas ilmunya Kak, sangat bermanfaat...
    Aplikasi Kasir Restoran Android

    BalasHapus
  2. Terimakasih kak atas ilmunya. Izin kak bahan materinya ada yang sedikit terpakai untuk tugas matkul keworausahaan. Mksihh bnyakk kak terbantu bgtt🙏🤭

    BalasHapus