Sabtu, 25 Oktober 2014

Berita Interpretatif


Berita interpretatif adalah sebuah jenis berita yang mulai dikenal oleh para jurnalis ketika Curtis D. MacDougall dari Northwestern University, Amerika, menulis buku berjudul Interpretative Reporting pada tahun 1938. Berita Interpretatif berbeda dengan berita yang di tulis secara faktual saja. Berita Interpretatif merupakan sebuah berita yang ditulis dengan menaruh interpretasi di dalam berita itu sendiri sehingga terdapat analisis dari reporter. Dalam berita interpretatif, seorang reporter juga ikut mencoba unutk mejelaskan pangkal permasalahan dari sesuatu yang terjadi tersebut. Dikarenakan berita interpretatif itu bergantung pada fakta dan pertimbangan nilai, maka sebagian masyarakat menyebutnya sebagai "opini". Biasanya Berita interpretatif ditulis karena informasi yang didapat dari narasumber dirasa kurang jelas atau tidak lengkap isi dan maksudnya.


Youtube sebagai Sarana Promosi

Youtube merupakan sebuah situs yang menyajikan video sebagai fitur utamanya. Sekarang media sosial Youtube sudah berkembang pesat. Sekarang ini sudah banyak yang merasakan dampak dari publikasi yang dilakukan melalui media sosial ini seperti yang dilakukan oleh artis mancanegara, yang tenar kerena videonya di Youtube, Justin Bieber.

Sekarang ini sudah banyak masyarakat dunia yang lebih mengandal Youtube ketimbang menonton di televisi. Hal ini tentu saja dimanfaatkan oleh para pebisnis yang menjadikan Youtube sebagai alat promosi yang unggul. Di Youtube, semua orang dapat mengundah video tentang produk atau bisnis mereka secara mudah dan video tersebut dapat dilihat oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Jika video yang yang diundah tersebut sukses menjadi populer atau viral, maka begitu juga dengan bisnis atau produk yang dipromosikan tersebut. 

Hal yang unggul dari Youtube lainnya adalah tidak adanya batas waktu. Pebisnis dapat mempromosikan dan mendeskripsikan produk dan jasanya secara leluasa dan lengkap.

Tetapi masih banyak masyarakat di Indonesia yang hanya mengandalkan Youtube untuk menonton saja tanpa tahu besarnya peluang yang ditawarkan oleh media sosial ini. 

Dengan adanya media sosial youtube, akan sangat memungkinkan bagi masyarakat Indonesia jika promosi yang dilakukan akan lebih efektif dan efisien. Diharapkan juga bahwa bisnis yang dipromosikan tersebut dapat menjangkau ke daerah yang lebih luas, seperti antar pulau atau bahkan antar negara. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar